Cek Score Page Speed Blog Lewat Google Chrome

Cara cek Page Speed blog dengan Google Chrome

Di postingan kali ini, aku mau memberikan tips cara ngecek Page Speed Blog dengan Google Chrome. Tapi sebelumnya udah pada tau belum apa itu Page Speed Score? 

What is Page Speed Online?

Page Speed Online adalah sebuah tools dari googlelabs yang menganalisa konten dari sebuah blog atau website yang kemudian dari hasil analisa tersebut kita diberi saran bagaimana caranya supaya blog kita jadi lebih cepat diakses. Semakin rendah skor maka semakin banyak pula hal yang harus kita lakukan untuk mempercepat waktu loading blog kita.

Untuk cek score Page Speed bisa langsung mengunjungi situs http://pagespeed.googlelabs.com. Nah, bagi yang mau Cek Score Page Speed langsung dari Google Chrome, berikut caranya.

Pertama, ketik di address bar Chrome "chrome://flags" (tanpa tanda petik) Trus,nongol tuh peringatan "Careful, these experiments may bite bla bla bla".

Cek Score Page Speed Blog

Kemudian, scroll ke bawah sampai ketemu "Experimental Extension API's". Klik Enable. Trus liat ke bawah, ada notifikasi "Your change will take effect next time you relaunch Google Chrome". Klik aja "Relaunch Now". Maka Google Chrome akan restart.

Cek Score Page Speed Blog

Nah, kalo Google Chrome udah muncul lagi, tinggal buka/akses blog kita. Contoh gambar di bawah aku buka blog sendiri, http://bocahkurau.blogspot.com. Hehe.
Kemudian klik tombol kunci 14 yang ada di sudut kanan. :P
Kunci 14 --> Tools --> Developer Tools
Nongol tuh developer tools di bawah, terus klik tab Page Speed yang paling kanan. Langsung hajar tombol "Run Page Speed". Tunggu prosesnya sampai selesai.

Cek Score Page Speed Blog

Untuk menampilkan developer tools juga bisa dengan cara klik kanan kemudian pilih inspect element.

Kalau proses analisa nya sudah selesai, keluar tu hasilnya seperti di bawah. Scorenya 92. Not bad lah untuk ukuran blog yang masih ingusan.

Cek Score Page Speed Blog

Selamat mencoba.. :)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment